Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Suka Ngopi, Ini 9 Jenis Kopi Terbaik Asal Indonesia

Sabtu, 06 Juni 2020 | 14:31 WIB Last Updated 2020-06-06T06:31:47Z
ILUSTRASI - Kopi terbaik dari Indonesia.

BANJARBARU, Poros Kalimantan - Indonesia terkenal dengan kekayaan hasil alamnya seperti rempah-rempah, termasuk didalamnya kaya akan beragam kopinya.

Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik di dunia. Jadi soal kenikmatannya tak perlu diragukan. Kopi dipanen untuk diambil bijinya, kemudian dijadikan sebagai minuman atau bisa juga jadi bahan pangan yang lainnya. Berikut ini kopi yang berasal dari Indonesia versi Poros Kalimantan.


1. Kopi luwak

Kopi luwak menjadi kopi yang pertama dan paling populer di Indonesia. Kopi luwak memang salah satu kopi yang cukup fenomenal karena kopi luwak dinobatkan sebagai salah satu jenis kopi termahal di dunia.

Selain mahal, kopi ini dihasilkan melalui proses yang cukup unik. Karena kopi harus dimakan dulu oleh Luwak (Musang), kemudian kotoran Luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna dengan sempurna itu diambil dan diproses untuk jadi minuman.

Banyak orang percaya kalau proses fermentasi biji kopi oleh luwak menjadikan rasa kopi ini lembut dan eksotis.


2. Kopi jawa

Kopi Jawa atau Java Coffee merupakan salah satu jenis kopi asal Indonesia yang termasuk ke dalam jenis kopi Arabika. Jenis kopi yang satu ini mulai diproduksi pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia. Rasa dan aromanya juga nikmat  tidak kalah dengan kopi kualitas premium lainnya.


3. Kopi Gayo

Kopi Gayo berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Kopi Gayo termasuk kopi dengan kelas premium yang berkualitas. Karena ditanam di daerah dataran tinggi dengan pengolahan yang sangat teliti.

Kopi Gayo memiliki aroma dan kenikmatan yang khas, tapi secara umum kopi Gayo ini punya tekstur dan rasa yang agak asam. Kopi Gayo populer di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan lainnya.


4. Kopi Toraja

Kopi Toraja berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu Toraja Sulawesi Selatan. Biji kopi yang ditanam di Toraja memang sudah terkenal sejak dulu karena mempunyai rasa yang khas dan enak. Apalagi sejak dulu kopi Toraja ini memang sudah menjadi pusat penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Bahkan Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat. Banyak pencinta kopi mengungkapkan kalau menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan tiba-tiba hilang.


5. Kopi Sidikalang

Mungkin banyak diantara kalian yang belum tau jenis kopi Sidikalang, kopi ini berasal dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kopi Sidikalang ini sangat berkualitas dan bermutu tinggi, karena pengaruh dari tanah pegunungan yang kaya mineral di kawasan Bukit Barisan tempat kopi ini ditanam. Kopi yang disebut-sebut sebagai ikonnya kopi Sumatera ini sangat populer dan bahkan mampu bersaing dengan kopi di negara Brazil.


6. Kopi kintamani

Kopi Kintamani sesuai dengan namanya, kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional.

Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik, karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi Kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah.


7. Kopi Lanang

Kopi lanang dalam bahasa Jawa, "lanang" itu artinya laki-laki. Dinamakan seperti itu karena dipercaya kopi ini bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini punya kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk.

Kopi ini bahkan dikenal sampai ke daratan Amerika karena memiliki biji yang unik yaitu bentuk bulat.


8. Kopi Wamena

Kopi yang berasal dari Wamena ini bisa dibilang sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Karena memang daratan Papua yang masih sangat subur jadi bisa menghasilkan kopi yang sangat baik.

Kopi Wamena memiliki aroma yang harum, tekstur halus serta ‘after taste’ yang cukup manis, beda dari kebanyakan kopi pada umumnya. Produksi kopi Wamena ini sudah diekspor ke negara seperti Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.


9. Kopi Flores

Kopi Flores memiliki kualitas yang tinggi, kopi ini bisa keluar sebagai jenis kopi yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta.

Karena saat ini Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi dunia. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yang keluar dari Kopi Flores ini dipengaruhi karena tempat dimana kopi ini tumbuh. Rasanya asam dan bernuansa lemon serta harum saat dihirup.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis kopi di Indonesia yang patut kalian coba versi Poros Kalimantan.


Bagi kalian para penikmat kopi tentunya pasti akan selalu mencari jenis varian kopi dengan aroma dan citarasa yang baru. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu jenis kopi diatas. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian, selamat mencoba.(adl/zai)


×
Berita Terbaru Update