Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

RSUD Ulin dan PMI Banjarmasin Terapkan Terapi Plasma Konvalesen, Untuk Penanganan Pasien Covid-19

Kamis, 04 Juni 2020 | 14:05 WIB Last Updated 2020-06-04T06:05:14Z
PLASMA DARAH - Metode terapi plasma konvalense dari darah pasien sembuh Covid-19, untuk penanganan pasien dalam perawatan.

BANJARBARU, Poros Kalimantan - Bentuk dan upaya agar proses penyembuhan bagi pasien Virus Corona (Covid-19) terus dilakukan, sementara menunggu vaksin yang belum juga ditemukan. Salah satu cara tersebut adalah dengan terapi plasma konvalesen.

Kali ini dilakukan pihak RSUD Ulin Banjarmasin, sebagai rumah sakit rujukan utama bersama PMI Banjarmasin, mengimplementasikan pengobatan Terapi Plasma Konvalesen, pada salah satu pasien yang tengah dirawat di ICU Ulin.

"Pasien yang bersangkutan yang dirawat di ICU kondisinya memburuk dan diharapkan dengan metode dilakukan ini mampu mengembalikan kondisinya," terang Kepala Unit Donor Darah PMI Banjarmasin, dr Rama


Dijelaskannya, metode ini juga telah dilakukan di beberapa daerah seperti Jakarta, Makassar dan Surabaya. Untuk pertama kalinya di Kalsel menerapkan metode terapi plasma konvalesen ini, dalam penanganan pasien Covid-19.

"Beberapa daerah telah melakukannya. Hasilnya beberapa kondisinya pasien membaik. Tetapi masih belum ada informasi kesembuhan karena perlu waktu lagi," jelasnya.

Ditambahkannya, metode terapi Plasma Konvalesen menggunakan plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh ini dilakukan, dikarenakan darah pasien Covid-19 yang telah sembuh mengandung kekebalan atau antibodi.

"Kami juga telah bekerja sama pula dengan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta sert UDD PMI Pusat," bebernya.

Dia menerangkan, plasma yang akan ditransfusikan ke pasien Covid-19 merupakan plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh yang berasal dari RSPAD Gatot Soebroto. (why/zai)
×
Berita Terbaru Update