Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perbaiki Kualitas Lingkungan, PT Jhonlin Group Tanam Pohon Di Perkantoran Pemprov Kalsel

Rabu, 03 Juni 2020 | 15:47 WIB Last Updated 2020-06-04T02:39:14Z
TANAM POHON - Penanaman Pohon di lingkungan Setdaprov Kalsel.

BANJARBARU, Poros Kalimantan - Guna mendukung perbaikan kualitas lingkungan hidup di Kalsel. PT Jhonlin Group selaku perusahaan yang bergerak di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan berinisiatif melakukan penanaman pohon di Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Cempaka, Kota Banjarbaru, Rabu (3/6) pagi tadi.

Salah satu  wujud dukungan perusahaan yang dipimpin Andi Syamsuddin Arsyad,  atau yang biasa disapa masyarakat "Haji Isam" ini, menyumbang beberapa pohon besar untuk ditanaman di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel.

Semua pohon tersebut diambil dari Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kemen LHK Banjarbaru. Pohon dicabut hingga ke akar, dengan alat berat pencabut pohon Truck Mounted Tree Spades, yang didatangkan langsung dari Batulicin Tanah Bumbu.

Proses pemindahan pohon tersebut dikawal langsung oleh Kadishut Provinsi Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq yang turun ke lapangan.

HADIR LANGSUNG - Kadishut Prov Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq hadir dalam penanaman pohon di lingkungan Pemprov Kalsel.

“Kami tentunya sangat gembira dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PT Jhonlin Group. Dalam upaya mendukung perbaikan kualitas lingkungan hidup di Kalsel,” ucap Hanif yang juga Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan .

Diterangkan Hanif, pohon yang dicabut pagi ini akan langsung ditanam di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia wilayah perkantoran Pemprov Kalsel. Disana sudah disiapkan lubang tanam dan akan dikawal oleh petugas yang bertanggung jawab dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH).

Petugas yang bertanggung jawab di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI), Agung Hananto mengatakan,  bahwa dirinya dan seluruh petugas yang bekerja di TH2TI, akan menjaga dan memelihara. Untuk memastikan tanaman tersebut tetap hidup dan bertumbuh.

“Pohon yang ditanam ini selain untuk menambah keindahan lingkungan, juga memiliki fungsi lindung. Untuk menyerap air hujan yang akan mengurangi erosi karena aliran permukaan dari air hujan,” terangnya.


Agung menjelaskan, bahwa penanaman pohon ini termasuk untuk pohon pendamping "Pohon Jokowi", yang sebelumnya ditanam langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi Menteri LHK dan jajaran Kabinet Indonesia Maju, pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Banjarbaru.

Beberapa jenis pohon yang disumbangkan PT. Jhonlin Grup diantaranya ialah pohon Mersawa tinggi 20 meter dengan diameter 20 sentimeter. Lalu pohon Agathis tinggi 8 meter diameter 13 sentimeter.

Selain itu, Shorea Balangeran tinggi 10 meter diameter 7 sentimeter, Meranti Bapa (Shorea Selanica) tinggi 7 meter diameter 8 sentimeter, Manggis Hutan tinggi 11 meter diameter 15 sentimeter, Pulai tinggi 20 meter dan 15 meter dengan diameter 25 sentimeter.(zai)
×
Berita Terbaru Update