Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Masa Pandemi Kalsel, Ombudsman Kalsel Catat Banyak Pengaduan Masyarakat

Senin, 08 Juni 2020 | 17:35 WIB Last Updated 2020-06-08T09:35:08Z
KETERANGAN KHUSUS - Kepala Asisten Bidang Pelaporan dan Verifikasi Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, M Firhansyah mengungkapkan banyaknya laporan pada masa pandemi Covid-19 di Kalsel.

BANJARMASIN, Poros Kalimantan - Dalam tiga bulan terakhir semenjak pandemi Covid-19 mendera Kalsel, setidaknya pelayanan publik masih harus tetap jalan untuk melayani masyarakat. Perubahan tata cara pelaksanaan yang terjadi tidak luput dari kekeliruan.

Dari sekian banyak pengaduan yang masuk ke Ombudsman Kalsel, beberapa diantaranya ada lima masalah penting yang seringkali diadukan.

Hal ini diterangnnya Kepala Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, M Firhansyah.

"Sejak dibuka pengaduan Covid-19 pada tanggal 23 April, hampir tiap hari ada pelaporan. Ada lima aspek yang dibuka yakni bansos, restrukturisasi kredit, kesehatan, keamanan dan transportasi," jelasnya.

Setidaknya hingga 5 Juni ini ada 49 laporan yang telah diverifikasi dari 200 lebih pengaduan yang masuk. Firhasnyah menjelaskan bahwa laporan yang masuk kebanyakan berasal dari aspek bansos terkait Covid-19.

"Dari 49 laporan yang kami terima, yang terbesar sekitar 80 persen mengenai bansos. Selanjutnya adalah restrukrisasi kredit," ungkapnya.

Saat ini menurut Firhansyah agar masalah penyaluran bansos sesuai yang diharapkan, perlu adanya SOP tersendiri baik dari dinsos pemda maupun pemkot. Sehingga data yang menerima bansos sesuai dengan keadaan riil masyarakat.

"Selain SOP paling tidak ada kepatutan, seperti dana taktis untuk para RT yang bekerja dalam verifikasi data bansos," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa ada beberapa akses yang disediakan di Perwakilan Ombudsman Kalsel, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan ke Pokso Pengaduan yang bertempat di Banjarmasin.

Diantaranya melalui tautan bit.ly/covid19ombudsman, email: covid19-kalsel@ombudsman.go.id atau melalui WA 0811 165 3737.(why/zai)
×
Berita Terbaru Update