Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keberangkatan Haji Tahun Ini Ditunda, Ini Kata Kemenag Balangan

Minggu, 07 Juni 2020 | 19:26 WIB Last Updated 2020-06-07T11:26:56Z
DITUNDA - Keberangkatan jemaah haji di Indonesia ditunda tahun 2020 ini.

PARINGIN, Poros Kalimantan - Pemerintah membuat kebijakan menunda pelaksanaan keberangkatan calon jamaah haji di seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan, HM Yamani meminta para calon jamaah Balangan, untuk mengerti dan bersabar atas kebijakan pemerintah ini.

Dirinya berharap adanya pengertian, dari calon jamaah haji khusus di Kabupaten Balangan, di tengah musim pandemi Covid-19 saat ini.

"Kalau kecewa, mungkin ada saja yang kecewa. Tapi bagi mereka  yang memahami, karena memang kondisinya tidak memungkinkan. Kalau dipaksakan diduga persiapannya juga tidak matang," jelasnya kepada Poros Kalimantan.

Diterangkannya, sebelumnya melalui press conference, Selasa (2/6) Menteri Agama RI menyampaikan penundaan pelaksanaan keberangkatan calon jamaah haji seluruh Indonesia,

Yamani mengatakan, di Kabupaten Balangan ada 203 calon jamaah haji yang rencananya akan berangkat pada Juni ini. Mereka seharusnya mulai masuk dalam asrama haji untuk proses keberangkatan ibadah tersebut.

"Namun, karena masih di tengah pandemi Covid-19 dan atas keputusan Kemenag RI calon jamaah haji pun diminta bersabar, akan ditundanya keberangkatan mereka," ungkapnya.

Menurutnya, pengunduran pengumuman keberangkatan calon jamaah haji sebelumnya sudah diinformasikan pada beberapa bulan sebelumnya. Hingga pada keputusan penundaan resmi dari Kemenag RI.

Dalam menuju proses keberangkatan, sejumlah kesiapan telah dilaksanakan oleh jamaah. Baik itu manasik secara online dan tatap muka, serta pelunasan pembayaran keberangkatan haji.

Semua calon jamaah haji diinformasikan sudah melakukan pelunasan pembayaran pada 30 Mei kemaren lalu.

Bahkan meski mereka memprediksi akan ditunda keberangkatannya, calon jamaah tersebut tetap memilih melunasi pembayaran.

Perihal penundaan itu, Bupati Balangan,  Ansharuddin meminta agar jamaah mengambil hikmah yang ada.

"Siapa tahu tahun berikutnya Kabupaten Balangan akan mendapatkan kuota keberangkatan jamaah haji hingga dua kali lipat. Terlebih saya telah menandatangani SK keberangkatan, " ujarnya.

Menurut Ansharuddin, ada 203 calon jamaah haji yang keberangkatannya ditunda. Namun ia berharap tahun berikutnya jatah kuota calon jamaah untuk Kabupaten Balangan akan ditambah.(arl/zai)
×
Berita Terbaru Update