Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini Beragam Manfaat Donor Darah Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 14 Juni 2020 | 11:47 WIB Last Updated 2020-06-14T03:47:46Z
DONOR DARAH - Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan setelah donor darah.

BANJARBARU, Poros Kalimantan - Darah merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Jutaan sel darah mengalir dalam diri kita untuk membawa oksigen, mengangkut bahan makanan, metabolisme dan fungsi penting lainnya. Selain itu, banyak manfaat yang akan Anda peroleh setelah donor darah. Manfaatnya tak hanya segi kesehatan, tapi juga bagi kejiwaan.

Nah hari ini bertepatan dengan tanggal 14 Juni, merupakan Hari Donor Darah Sedunia. Berikut manfaat donor darah bagi tubuh Anda.

1. Menurunkan resiko kanker

Ketika Anda mendonorkan darah, maka berbagai zat yang terkandung di dalam darah pada tubuhmu juga ikut berkurang. Salah satunya adalah zat besi. Kelebihan zat besi merupakan pemicu terjadinya kanker karena menyebabkan meningkatnya radikal bebas dalam tubuh.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung

Kekentalan darah merupakan faktor yang dapat meningkatkan penyakit jantung. Ketika darah terlalu kental, maka akan mengakibatkan gesekan antar pembuluh darah dan merusak sel-sel dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menjadi penyumbatan pembuluh darah dan berakibat pada jantung.

3. Melancarkan aliran darah

Donor darah dengan teratur dapat melancarkan aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah pada tubuh maka juga mencegah penyumbatan arteri, yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi).

Donor darah juga membantu menstabilkan kadar zat besi dalam tubuh. Zat besi sendiri berperan penting mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan.

4. Mendeteksi penyakit dan kesehatan tubuh

Darah yang Anda donorkan akan diperiksa lebih dulu di laboratorium. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah pada saat donor Anda ternyata mengidap suatu penyakit atau tidak.

Selain itu, sebelum donor Anda akan diperiksa terlebih dahulu kadar Hb, berat badan dan tensi. Disini Anda tentu dapat mengetahui kesehatan tubuh sendiri, apakah normal atau justru sebaliknya.

5. Membuat Kesehatan Mental Membaik dan Bahagia

Seringkali kita dengar tagline 'setetes darah menyelamatkan satu kehidupan'. Niat untuk membantu sesama tentunya dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Dari darah yang mengalir dalam tubuhmu, kemudian diberikan kepada mereka yang membutuhkan, Anda mampu menyelamatkan satu kehidupan.

Bayangkan saja sebuah senyuman yang tercipta dari seorang yang di dalam tubuhnya mengalir darahmu. Jadi tunggu apa lagi mari donor darah, semoga bermanfaat.(why/zai)
×
Berita Terbaru Update