Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini 7 Manfaat Berjemur Pagi Hari, Ditengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 13 Juni 2020 | 14:54 WIB Last Updated 2020-06-13T06:54:08Z


BANJARBARU, Poros Kalimantan - Berjemur sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Selain baik untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit dan wajah yang berjerawat. Berikut beberapa manfaat berjemur saat sinar matahari pagi.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur saat pagi hari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar matahari pagi dapat memulihkan sistem imun yang terlalu aktif. Termasuk penjelasan tentang sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Sel darah putih akan meningkat saat terpapar sinar matahari, dimana hal itu membantu memperbaiki penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh.

2. Sembuhkan Kelainan Kulit

Manfaat berjemur saat pagi hari selanjutnya yaitu dapat membantu penyembuhan beberapa kelainan kulit. Paparan sinar matahari saat berjemur di pagi hari akan dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit lainnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur saat pagi hari juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D yang didukung kalsium dan Fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D kompilasi sinar matahari mengenai kulit. Jika tubuh kita memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di darah, maka akan lebih kecil kemungkinan kita akan mengalami patah tulang.


4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berjemur saat pagi hari juga dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membuat, mengatur, dan menyimpan memori.

Jadi vitamin D yang didapat dari berjemur di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak pada seseorang.

5.  Menghilangkan Depresi Ringan

Manfaat berjemur saat pagi hari bisa membantu menghilangkan depresi ringan. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD).

SAD merupakan depresi umum yang terjadi dan sering dirasakan pada saat terjadi di musim dingin.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Apabila sinar matahari mengenai mata, pesan yang dikirim ke pikiran pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur).

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas tentang malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat berjemur di pagi hari yang terakhir yaitu dapat membantu mencegah risiko penyakit kanker. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. Namun dengan berjemur risiko kanker ini bisa menjadi lebih kecil. Suplemen vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan hingga 60%.

Itulah informasi mengenai beberapa manfaat  berjemur di pagi hari. Bagi kalian yang ingin merasakan manfaatnya bisa berjemur di pagi hari, sesuai dengan anjuran berjemur dengan durasi waktu yang aman bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.(adl/zai)
×
Berita Terbaru Update