Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Infeksi Penyebaran Covid-19 Kalsel Tinggi, Dua Pekan Kasus Positif Bertambah Lebih dari 500 Kasus

Sabtu, 30 Mei 2020 | 10:51 WIB Last Updated 2020-05-30T02:51:28Z
KETERANGAN PERS - Jubir GGTP Covid-19 Kalsel, memberikan keterangan terkait perkembangan Covid-19.

BANJARBARU, Poros Kalimantan - Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di 13 Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan masih terus bertambah. Bahkan dalam satu hari tambahan kasus positif Covid-19, mencapai angka kenaikan tertinggi lebih dari 100 kasus.

Masalah tersebut tentu ada hubungannya dengan tingkat penularan virus yang telah menyebar.

Dalam video konferensi (29/5) oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel, HM Muslim membenarkan, bahwa memang tingkat infeksi Covid-19 relatif tinggi di Kalsel.

"Angka Reproductive effective (Rt) dan kemarin juga disampaikan oleh salah satu LO (Liaison Officer) di Kalimantan Selatan dari BNPB, bahwa Kalimantan Selatan memang masih berada di atas indeksnya satu," jelas Muslim

Diterangkannya, metode Rt ini sebagai bahan pertimbangan dalam evaluasi sebaran disebuah wilayah untuk mengambil kebijakan. Jika indekanya di atas angka satu, maka setiap infeksi akan mengakibatkan lebih dari satu infeksi lain. Kalsel sendiri berada di angka 1,74.

"Namun jika dibawah satu, setiap infeksinya menyebabkan kurang dari satu. Oleh karena itu dianggap bahwa infeksi dari virus ini akan menurun penyebarannya," terangnya.

Dalam kurun waktu dua minggu hingga 29 Mei kemarin, setidaknya terjadi peningkatan jumlah kasus dari 321 terkonfirmasi menjadi 893 kasus.(why/zai)
×
Berita Terbaru Update